Sabtu, 13 Februari 2016

Janji Tasikmadu : Menjadi Masyarakat Yang Tumbuh Cerdas Bersama


Masyarakat cerdas yang bergerak sinergis adalah penggerak suatu bangsa, dan sekaligus menjadi tujuan pergerakan bangsa itu sendiri.




Bayangkanlah bahwa Anda tinggal di Desa Blublub yang anggota masyarakatnya tidak pernah saling bertegur sapa, sibuk sendiri-sendiri mengejar tujuan masing-masing.

Ketika tiba-tiba ada pohon tumbang menghalangi jalan di depan rumah Anda, tak ada yang akan membantu menyisihkannya.

Ketika perut isteri Anda mulas-mulas hendak melahirkan, sementara tiada orang lain yang bisa dititipi menjaga ketiga putra Anda, tiada seorangpun yang bisa diajak berbagi peran.

Ketika aliran air yang menghidupi sawah Anda terputus karena salurannya dibuntu oleh petani di petak sawah sebelah, Anda hanya bisa menggerutu.

Ketika kompor di dapur Anda belum dimatikan lalu meledug dan menyebabkan kebakaran sementara Anda bekerja di kantor berjarak 35 kilometer dari rumah, tiada yang mempedulikan hingga rumah Anda ludes dilalap si Jago Merah.

Ketika Ibu yang sangat Anda cintai tiba-tiba mengalami sesak nafas berat di rumah Anda, sementara tiada seorangpun di situ yang paham pengananan kejadian semacam itu, beliau berpulang tanpa memperoleh bantuan di akhir hayatnya.

Kejadian-kejadian di Desa Blublub tersebut bisa jadi tidak terjadi dalam kehidupan kita, namun banyak hal lain bisa terjadi apabila masing-masing anggota dalam masyarakat kita hidup dalam zona egoismenya masing-masing. Semua berlomba memenuhi kebutuhannya sendiri, tanpa menyadari bahwa tumbuh sendirian tak akan membuat hidup menjadi aman dan nyaman.

Mari kita berjanji saling menguatkan, saling mencerdaskan, dan bersama menjadikan Tasikmadu 'rumah' yang nyaman bagi semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar